Biografi Syaikh Abdullah al-Harari

Tahukah anda tentang siapa sosok Syaikh Abdullah al-Harari? Beliau adalah salah satu ulama ahlussunnah terkemuka, disegani baik oleh kawan maupun lawan. Kaum Wahhabi terutama, sangat ketakutan mendengar namanya disebut, ibarat takutnya seekor domba mendengar auman singa. karena saking takutnya, tidak jarang mereka kemudian memojokkan nama Syaikh Abdullah al-Harari bahkan dengan membuat berita-berita bohong yang amat jauh dari fakta.  

Barangkali nama beliau tidak sesohor ulama ahlussunnah lainnya yang telah masyhur di kalangan kita. Akan tetapi di timur tengah beliau amat masyhur. Berikut sekilas biografi tentang beliau.

Nama dan Kelahiran
Seorang alim, panutan para muhaqqiq, rujukan dan pemuka ulama, Al-Imam Al-Muhaddits, seorang yang bertaqwa dan zuhud, mempunyai keutamaan dan tekun beribadah, mempunyai keistimewaan yang agung, beliau adalah Syekh Abu 'Abd Al-Rahman 'Abd Allah Ibn Yusuf Ibn Abd Allah Ibn Jami' Al-Harari(1) al-Syaibi(2) Al-'Abdari(3), mufti wilayah Harar. Beliau dilahirkan di kota Harar, sekitar tahun 1339 H/1920 R.

Kehidupan dan Rihlah Ilmiah
Beliau dibesarkan dalam keluarga sederhana yang cinta ilmu dan ulama. Beliau membaca Al-Qur'an dengan tartil dan baik sejak umur 7 tahun, dan sudah dapat menghapalnya diluar kepala. Beliau belajar dari ayahnya kitab Al-Muqaddimah al-Hadhramiyyah dan kitab Al-Mukhtashar al-Shagir, yang termasuk kitab fiqih yang masyhur di daerahnya. Kemudian beliau mendalami berbagai bidang keilmuan dengan menghafal berbagai matan ilmu agama.
Kemudian beliau memfokuskan diri pada bidang hadits dan menguasai (hafal) Al-Kutub Al-Sittah (6 kitab referensi dalam biang hadits) dan kitab-kitab hadits lainnya beserta sanadnya hingga beliau diperbolehkan berfatwa dan meriwaykan hadits dalam usia kurang dari 18 tahun. Beliau tidak hanya belajar pada ulama negerinya dan sekitarnya, malainkan mengelilingi Habasyah dan Somalia untuk memperoleh ilmu dan mendengar langsung dari para ahlinya. Dalam perjalanan mencari ilmu, beliau banyak menghadapi rintangan, namun hal itu tidak menjadikannya patah semangat. Bahkan setiap kali beliau mendengar adanya seorang alim, beliau langsung pergi menemui dan menimba ilmu kepadanya, sebagaimana kebiasaan ulama salaf. Kecerdasan dan kekuatan hafalannya yang luar biasa sangat mendukung beliau untuk mendalami dan menguasai fiqih madzhab Syafi'i serta khilaf (perbedaan pendapat) yang ada dalam madzhab Syafi'i.
Disamping itu, beliau juga mendalami madzhab Maliki, Hanafi dan Hanbali, sehingga beliau menjadi rujukan para ulama. Banyak yang datang kepadanya dari berbagai penjuru Habasyah dan Somalia hingga beliau diangkat sebagai mufti Harar dan sekitarnya. Beliau belajar fiqih Syafi'i dan ushulnya serta nahwu kepada seorang alim Al-'Airf billah Syekh Muhammad 'Abd Al-Salam Al-Harari, Syekh Muhammad 'Umar Jami' Al-Harari, Syekh Muhammad Rasyid Al-Habasyi, Syekh Ibrahim Abi Al-Ghouts Al-Harari, Syekh Yunus Al-Habasyi, Syekh Muhammad Siraj Al-Jabarti. Diantara kitab-kitab yang beliau pelajari dari mereka adalah Alfiyah Al-Zubad, Al-Tanbih, Al-Minhaj, Alfiyah ibn Malik, Al-Luma' karangan Al-Syairazi dan kitab-kitab referensi lainnya.
Beliau belajar hadits dan musthalahnya dari beberapa ulama, diantaranya Syekh yang shalih Muhammad Al-Bashir, Syekh Ahmad Ibn Muhammad Al-Habasyi dan ulama lainnya. Beliau belajar ilmu tafsir kepada SyekhSyarif Al-Habasyi di Jimmah. Beliau belajar hadits dan musthalahnya dari beberapa ulama, diantaranya Syekh Abu Bakr Muhammad Siraj al-Jabarti, Mufti Habasyah, dan Syekh 'Abd 'Al-Rahman Abd Allah Al-'Habasyi.
Beliau bertemu dengan Syekh yang shalih, seorang ahli hadits dan qori', Ahmad Abd Al-Muthalib Al-Jabarti Al-Habasyi, Syekh qira'at di Masjid Al-Haram.(4) Beliau belajar kepadanya 14 macam qira'at, mendalami ilmu hadits dan mendapat ijazah (sanad keilmuan) darinya. Kemudian beliau menunut ilmu dari Syekh Daud Al-Jabardi Al-Qori dan Syekh Al-Muqri' Mahmud Fayiz Al-Dir'athani, seoarang alim pendatang di Damaskus dan pakar qira'at sab'ah, ketika beliau di Damaskus.
Pada usia muda beliau telah mengajarkan ilmu kepada muridnya yang diantara mereka ada yang usianya lebih tua dari beliau. Jadi disamping belajar beliau juga mengajar. Beliau mempunyai keistimewaan dibanding ulama laiannya yang berada di negeri Habasyah dan Somalia dalam penguasaan biografi periwayat hadits, Thabaqot (tingakatan) mereka, menghafal matan kitab, mendalami ilmu hadits, bahasa arab, faraid, tafsir dan sebagainya, sehingga beliau tidak menemukan disiplin ilmu islam kecuali mendalaminya dan mumpuni dalam bidang tersebut. Terkadang apabila beliau berbicara dalam disiplin ilmu tertentu orang yang mendengarnya akan mengira bahwa beliau hanya mendalami ilmu tersebut disebabkan kedalaman ilmunya. Begitu pula apabila dikatakan kepadanya sesuatu yang beliau ketahui, maka beliau mendengarkannya dengan seksama dan penuh perhatian. Sebagiamana perkataan seorang penyair: "Kau lihat dia mendengarkan perkataan dengan pendengaran dan hatinya, bisa jadi dia lebih tahu tentang hal tersebut".
Kemudian beliau ke Makkah dan berkenalan dengan ulama disana. Diantaranya, Syekh Al-'Alim Sayyid 'Alawi Al-Maliki, Syekh Amin Al-Kutbi, Syekh Muhammad Yasin Al-fadani. Beliau juga menghadiri majlis Syekh Muhammad Al-'Arabi Al-Tabban, serta bertemu Syekh 'Abd Al-Ghafur Al-Afghani Al-Naqsyabandi dan beliu mendaptkan darinya thariqat Naqsyabandiyyah.
Kemudian beliau pergi menuju Al-Madinah Al-Munawwarah dan bertemu dengan ulama di sana. Beliau belajar hadits dan mendaptkan ijazah dalam bidang hadits dari Al-Muhaddits Syekh Muhammad Ibn Ali Al-Shiddiqi Al-Badri Al-Hindi Al-Hanafi. Selama di Madinah beliau selalu mengunjungi perpustakaan 'Arif Hikmat dan perpustakaan Al-Mahmudiyah, beliau mempelajari dan meneliti beberapa kitab yang masih berupa tulilsan tangan (manuskrip) dari sumber aslinya. Belilau berada di Madinah sekitar satu tahun lamanya.
Beliau bertemu dengan Syekh Al-Muhaddits Ibrahim Al-khatny murid al-Muhaddits 'Abd al-Qadir Syalabi. Adapun jumlah ijazah (sanad keilmuan) yang beliau peroleh dari beberapa nama adalah amat banyak untuk disebutkan di sini.
Beliau mengadakan perjalanan ke Baitul Maqdis pada akhir tahun 40–an. Dari sana beliau menuju damaskus dan mendapat sambutan yang hangat dari penduduknya terutama setelah wafatnya muhaddits Damaskus, Syekh Badr Al-Din al-Hasani semoga Allah merahmatinya. Kemudian beliau mengelilingi daratan Syam antara lain Damaskus, Bairut, Himsh, Hamah, Halab dan kota-kota lainnya. Beliau menetap di jami' al-qothath di daerah al-qimariyah. Dari sinilah nama beliau mulai terkenal dan banyak ulama syam dan para pelajarnya datang menemuinya. Mereka mengakui keutamaan dan keilmuan beliau. Beliau terkenal di daratan syam dengan sebutan khlalifah (pengganti) syekh Badr al-din al-hasani dan muhaddits negeri syam (muhaddits al-diyar al-syamiyyah).
Dan banyak ulama dan fuqaha' syam memuji beliau diantaranya Syekh 'izz al-din al-khaznawi al-syafi'i al-naqsabandi dari jazirah siria utara, Syekh 'abd al-razzak al-halabi, imam dan pimpinan masjid al-umawi di damaskus, Syekh abu sulaiman al-zabibi, Syekh mula ramadlan al-buthi, ayah dr. Muhammad said, Syekh abu al-yusr abiding, mufti siria, Syekh 'abd al-karim al-rifa'i, Syekh nuh dari Yordania, Syekh Said Thanathirah al-dimasqi, Syekh ahmad al-hushari (ia adalah Syekh ma'rrah al-nu'man, pimpinan ma'had ma'rrah al-syar'i), Syekh 'abd allah siraj al-halabi, Syekh Muhammad murad al-halabi, Syekh Shuhaib al-syamy, pimpinan majlis fatwa di halab, Syekh 'abd al-aziz uyun al-su'ud, Syekh qira'at di himsh, Syekh abu sa'ud al-himsi, Syekh fayis al-dir'athani, alim pendatang didamaskus dan ahli tujuh qira'at, Syekh "abd al-wahhab dibs wazait al-dimasqi, dr. al-hulawi, Syekh qira'at di siria, Syekh ahmad al-harun al-dimasqi, wali yang shalih, Syekh thahir al-kayyali al-himshi dan Syekh shalah kayawan al-dimasqi dan ulama lainnya.
Demikian pula halnya antara Syekh 'Abd Allah dengan Syekh Usman Siraj Al-Din keturunan Syekh 'Alauddin, pimpinan Tthariqat Naqsyabandiyyah pada masanya telah terjalin hubungan murasalah (surat-menyurat) ilmiyah dan ukhawiyyah (yang mempererat tali persaudaraan). Beliau juga dipuji oleh Syekh 'Abd Al-Karim Al-Bayari, pengajar pada Jami' Al-Hadlarah Al-Kailaniyyah Baghdad, Syekh Ahmad Al-Zahid Al-Istanbuli, Syekh Mahmud Al-Hanafi, salah seorang ulama Turki yang terkenal, Al-Syaikhani, Syekh 'Abd Allah Al-Ghumari dan Syekh 'Abd Al-Aziz Al-Ghumari, dua ahli hadits dari Maroko, Syekh Yasin Al-Fadani al-Makki, Syekh Hadits dan Isnad pada Daar Al-'Ulum Al-Diniyyah Makkah Al-Mukarromah, Syekh Habib Al-Rahman A'dhami Muhaddists daerah India (Syekh 'Abd Allah telah mengunjungi dan sering bertatap muka dengannya). Begitu juga Syekh 'Abd Al-Qadir Al-Hjndi, rektor Universtas Al-Sa'diyyah Al-'Arabiyyah dan masih banyak lagi ulama yang memuji syekh 'Abd Allah.
Syekh 'Abd Allah Al-Harari mendapatkan ijazah Thariqat Rifa'iyyah dari Syekh abd al-Rahman al-sabsabi al-hamawi dan Syekh Thahir al-Kayali al-Himshi. Sedangkan ijazah thriqat Qadiriyyah beliau peroleh dari syekh Ahmad al-'Arbaini dan syekh Tayyib al-Damasqi dan juga dari ulama yng lain --semoga Allah memberikan rahmat kepada mereka--.
Beliau datang ke Beirut tahun 1370 H/ 1950 R. Kedatangan beliau disambut oleh ulama besar Beirut, seperti Syekh Al-Qadli Muhyiddin Al-'Ajuz, Syekh Al-Mustasyar Muhammad Syarif, Syekh Abd Al-Wahhab Al-Butari, imam masjid jami' Al-Bastha Al-Fauqa dan Syekh Ahmad Iskandarani, imam sekaligus mu'adzin masjid jami' Burj Abi Haidar. Mereka sering mendatangi beliau dan mendapat banyak manfaat dari beliau. Kemudian beliau bertemu dengan Syekh Taufiq Al-Hibri --semoga Allah merahmatinya--Selama di sana beliau bertemu dan berkumpul dengan kalangan atas dan pejabat tinggi Beirut, Syekh 'Abd Al-Rahman dan Syekh Mukhtar Al-'Alayili (keduanya menimba ilmu dari beliau) --semoga Allah merahmatinya--. Syekh Mukhtar Al-'Ayalili adalah mantan ketua majelis fatwa di Libanon yang mengakui keutamaan dan keilmuan Syekh 'Abd Allah dan mengusahakan surat izin menetap atas jaminan Daar al-Fatwa di Beirut agar beliau dapat mengajar di berbagai mesjid.
Pada tahun 1389 H/1969 Rasulullah, atas permintaan rector al-Azhar di Lebanon pada waktu itu, beliau menyampaikan ceramah tentang tauhid di hadapan mahasiswa al-Azhar.

Karya Tulis
Sebenarnya beliau lebih memusatkan perhatian pada pelurusan aqidah umat, memerangi mereka yang menyimpang dari agama dan memberantas ahli bid'ah dan ahwa' dibanding menulis buku. Meskipun demikian beliau juga sempat menghasilkan beberapa tulisan yang berharga, diantaranya:
1. Syarh Alfiyah Al-Suyuthi fi Mushthalah Al-Hadits (manuskrif)
2. Qashidah fi al-I'tiqad (manuskrif sebanyak 60 bait)
3. Al-Shirath Al-Mustqim Fi Al-Tauhid (sudah diterbitkan)
4. Al-Dalil Al-Qawim 'Ala Al-Shirat Al-Mustaqim Fi Al-Tauhid (sudah diterbitkan)
5. Mukhtashar 'Abd Allah Al-Harari Al-Kafil Fi 'Ilm Al-Din Al-Dharuri (sudah
diterbitkan)
6. Bughyah al-Thalib li Ma'rifati 'Alm al-Din al-Wajib (sudah diterbitkan)
7. Al-Ta'aqub Al-Hatsits 'Ala Man Tha'ana Fi Ma Shahha Min Al-Hadits (sudah diterbitkan). Berisi bantahan terhadap Al-Albani dan komentar atas pernyataannya. Muhaddits Negara Maghrib (Maroko), Syekh Abd Allah Al-Ghumari --semoga Allah merahmatinya-- mengatakan buku ini adalah bantahan yang baik dan tepat.
8. Nushrah Al-Ta'aqub Al-Hatsits 'Ala Man Tha'ana Fi ma Shahha Min Al-Hadits (sudah
diterbitkan)
9. Al-Rawaih Al-Zakiyyah Fi Maulidi Khair Al-Bariyyah (sudah diterbitkan)
10. Al-Mathalib Al-Wafiyyah Syarhy Al-'Aqidah Al-Nasafiyyah (sudah diterbitkan)
11. Idh-har Al-'Aqidah Al-Sunniyyah Bi Syarh Al-'Aqidah Al-Thahawiyyah (sudah
diterbitkan)
12. Syarh Alfiyah Al-Zubad Fi Al-Fiqh Al-Syafi'i (manuskrif)
13. Syarh Matn Abi Syuja' Fi Al-Fiqh Al-Syafi'i (manuskrif)
14. Syarh Al-Shirat Al-Mustaqim
15. Syarh Matn Al-'Asmawiyyahfi Al-Fiqh Al-Maliki
16. Syarh Mutammimah Al-Jurumiyyah Fi Al-Nahwi
17. Syarh Al-Baiquniyyah Fi Al-Mushthalah
18. Sharih Al-Bayan Fi Al-Radd 'Ala man khalafa Al-Qur'an (sudah diterbitkan)
19. Al-Maqalat Al-Sunniyyah Fi Kasyfi Dlalalat Ibnu Taimiyyah (sudah diterbitkan)
20. Kitab Al-Durr Al-Nadlid Fi Ahkam Al-Tajwid (sudah diterbitkan)
21. Syarh Al-Shifat Al-Tsalats 'Asyarata Al-Wajibah Lillah (sudah diterbitkan)
22. Al-'Aqidah Al-Munjiyah (kitab ini adalah risalah singkat yang beliau diktekan pada satu majelis dan sudah diterbitkan)
23. Syarh Al-Tanbih karangan Iman Al-Syairazi Fi Al-Fiqh Al-Syafi'i (belum selesai)
24. Syarh Manhaj Al-Thullab karangan Syekh Zakaria al-Anshari Fi Al-Fiqh Al-Syafi'i (belum selesai)
25. Syarh Kitab Sullam Al-Taufiq Ila Mahabbah Allah 'Ala Al-Tahqiq (karangan Syekh 'Abd Allah Baa 'Alawi.

Budi Pekerti dan Akhlak
Al-Muhaddits Syekh 'Abd Allah al-Harari terkenal sebagai seorang yang wara', tawadlu', ahli ibadah, senantiasa berdzikir, menggabungkan antara ilmu dan dzikir, zuhud, dan berhati mulia. Engkau tidaklah menemui beliau kecuali beliau dalam keadaan membaca, berdzikir, mengajar atau memberi nasihat dan petunjuk. Beliau juga ahli ma'rifat, teguh pada Al-Qur'an dan Sunnah, kuat hapalan, ahli hujjah dan dalil yang kuat, bijaksana, sangat membenci mereka yang menyalahi syara' dan mempunyai tekad yang gigih dalam 'amr ma'ruf nahi munkar, sehingga para ahli bid'ah dan mereka yang sesat sangat membencinya dan hasud terhadapnya, tetapi Allah senantiasa melindungi mereka yang beriman.

- Terjemahan ini dinukil dari kitab terbitan Daar al-Masyari' di bawah naungan Jam'iyyah Al-Masyari' Al-Khairiyyah Al-Islamiyyah, Beirut Libanon.

Catatan Kaki:
1. Harar terletak didaerah pedalaman Afrika, sebelah timur berbetasan dengan daerah Somalia, sebelah barat dengan Habasyah, sebelah selatan dengan Kenya dan sebelah timur laut dengan Negara Djibouti. Setelah dijajah, Somalia tebagi menjadi lima bagian. Daerah Somalia barat (Harar) masuk ke wilayah Habasyah.
2. Bani syaibah adalah keturunan 'Abd Al-Daar dari kabilah Quraisy. Mereka adalah penjaga ka'bah yang sampai sekarang terkenal dengan sebutan Bani Syaibah, seisilah mereka dari garis keturunan laki-laki berakhir kepada 'Abd Al-Daar. Ayah beliau yang bernama Qushai membeli kunci-kunci ka'bah tersebut dari Abi Ghibsyan Al-Khuza'i dan Rasulullah mengamatkan keturunan mereka untuk memegang kuci-kunci ka'bah tersebut (sabaaik Al-Dzahab, hlm. 68)
3. Bani 'Abd Al-daar keturunan Qushai Ibn Kilab kakek Nabi yang keempat (sabaaik Al-Dzahab, hlm. 68).
4. Beliau memperoleh kehormatan menjadi Imam dan pimpinan Masyayikh Masjid Al-Haram pada masa sulthan Abd al-Hamid semoga Allah merahmatinya.


Ditulis oleh: Ust. Choirul Ansori, M.Ag


3 komentar:

Unknown mengatakan...

alhamdulillah penjelasan tentang Syaikh Abd Allah al-Harari begitu jelasnya. Syukron jazilan

supr_yady mengatakan...

Afwan mau tanya... Apakah beliau ini yang di vonis hidup tanpa jantung... ?

andhika mengatakan...

Iya

Posting Komentar